Bangun Blog Untuk Menghasilkan Uang, Atau Hanya Sekedar Mengisi Waktu Luang ?


Menjadi blogger, apakah hanya sekedar untuk mengisi waktu luang atau untuk focus mencari uang dan Bagaimanakah cara membuat blog yang baik, dari mengisi konten di blog hingga bisa menghasilkan uang dari Adsense?


Bangun-blog-untuk-menghasilkan-uang
shutterstock


Sebenarnya banyak blogger dari platform Blogger yang sudah sukses. Bahkan mungkin dahulu saat pertama kali saya ngeblog di 2012, saya sudah mengenal blogger yang sukses saat ini. Namun karena terkendala “Resource / Sumber Daya” saat itu, saya putuskan untuk berhenti nge blog dan berfokus untuk kuliah. Singkat cerita, nama besar seperti Blognya Kang Iwan Banaran atau Igniel, mungkin terdengar asing bagi kamu yang masih memulai blog, tapi perlu di ingat juga, menjadi seorang blogger yang sukses juga tidak mudah. Sudah pasti pahit asam garam sudah mereka lalui hingga ke titik kesuksesan itu.


Baca Juga: Ide bisnis tanpa modal


Nah, di artikel ini admin akan mengulas mengenai kiat rahasia menjadi blogger sukses seperti mereka. Apakah admin juga berniat seperti mereka ? Jawabannya adalah “Iya”. Namun dengan cara yang berbeda, tapi tujuannya tetap sama. Disini juga admin akan membahas bagaimana menjadi blogger yang terkenal, dari awal membuat blog sampai bisa menghasilkan. 


Apa Yang Harus Dilakukan ?


Bagi kamu yang tidak suka tahapan rumit atau ingin yang instan agar cepat sukses, lebih baik kamu skip saja postingan ini. Tetapi kalau kamu memang bertekad untuk meningkatkan skill menulis kamu di blog, sekedar have fun, atau ingin memfokuskan diri sebagai content writer, maka ini adalah keputusan terbaik untuk membaca postingan ini. Percaya atau tidak, tidak ada yang instan dalam mengapai sesuatu. Bahkan membuat blog sekalipun harus mempunyai strategi perencanaan yang matang agar bisa tereksekusi dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah persiapan – persiapan yang harus kamu lakukan ketika pertama kali membangun sebuah blog :


1.      Tujuan

 

Menentukan tujuan membuat blog adalah salah satu langkah awal menjadi blogger yang professional. Mengapa begitu ? Dengan memiliki tujuan, kamu akan tahu kemana arah dan tujuan blog kamu akan dikembangkan nantinya. Hal ini penting, karena membuat sebuah blog yang besar bukanlah membutuhkan 1 atau 2 hari. Tapi perlu upaya terus menerus sampai blog kamu terlihat dan semakin besar. Apapun tujuan kamu ngeblog, kamu harus tentukan. Apakah hanya untuk sekedar menulis, atau untuk meningkatkan skill menulis kamu, hanya sekedar have fun, atau berbagi informasi ke orang lain dan bisa menghasilkan pundi pundi rupiah ? apapun tujuan kamu, silahkan dan buatlah blog kamu. Tajuknya disesuaikan dengan tujuan awal blog kamu akan dibuat dan konsistenlah terhadap apa yang akan kamu kerjakan nantinya.

 

2.      Tentukan Topik yang Akan Dikerjakan

 

Jikalau kamu melihat blog ini, maka kamu akan melihat Topik yang disajikan di blog ini adalah Keuangan dan Tips Kerja. Kerja dan Keuangan adalah 2 hal yang sangat berkaitan dan sangat relevan. Banyak sekali topik topik di internet yang bisa membahas tentang apapun ataupun berbagi informasi seperti berita dsb. Tapi bukan berarti kamu harus membuat blog dengan banyak topik seperti gado – gado, bukan ya. Kamu cukup memilih 1 atau 2 topik yang menurut kamu bisa kamu kerjakan dan bisa kamu kembangkan nantinya.

Jika kamu mempunyai passion, pilihlah topik yang disesuaikan dengan keahlian kamu atau setidaknya kamu memiliki pengalaman / pengetahuan tentang topik yang akan kamu bahas / pilih nantinya. Dengan Demikian, kamu tidak akan bosan dalam menulis konten yang nantinya akan kamu buat di blog kamu.

Selain itu, kamu bisa mencari topik topik yang relevan yang bisa kamu temukan melalui google trends atau yang sedang tren di google saat ini. Sebagai contoh, saat ini generasi milenial lebih melek ke teknologi dan juga ke parenting. Itu bisa jadi sebuah topik yang bagus untuk kamu buat sebagai topik utama dari blog kamu.

 

3.      Platform Blog

 

Jika kamu seorang yang bermodalkan perangkat keras untuk bekerja (Laptop) sebagai sarana dan tidak mempunyai modal untuk memulai sebuah blog, kamu bisa memulai dari platform Blogspot. Kamu juga bisa menggunakan Wordpress sebagai langkah awal kamu dalam menentukan platform, tapi itu kembali lagi ke diri kamu sendiri. Blogspot juga sudah ada dari tahun 2011, yang artinya platform ini masih sangat bagus, dan sangat mudah di kostumisasi untuk kebutuhan pengguna nya. Disamping itu juga, platform blogger juga terintegrasi langsung ke google dan tidak perlu ilmu dengan skill pemrograman yang tinggi untuk bisa mengoperasikannya.

Setelah kamu memilih platform untuk wadah kreatifitas kamu, saatnya untuk masuk ke hal hal yang penting sebelum memulai blog yang sebenarnya.

 

Menjadi Seorang Blogger

 

Setidaknya menjadi seorang blogger juga membutuhkan waktu dan keahlian dalam menjalankan nya. Tapi kamu tenang saja, seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dalam menulis dan juga fasih dengan Bahasa Bahasa baru yang akan melengkapi konten kamu di blog. Ada beberapa cara yang harus kamu ketahui sebelum membuat blog yang benar benar baik dan sempurna.

 

1.   Pilih Tema/Template Blog yang Simple/SEO untuk Pencarian Google

 

Memilih template yang bisa SEO (Search Engine Optimization) dan sangat friendly untuk mesin pencari adalah hal yang mudah. Kamu tinggal mencarinya di beberapa situs terkenal seperti btemplate, IDNTheme, atau gooyabit. Disana menyediakan berbagai macam ragam template blog yang bisa kamu kostumisasi sesuai keinginan kamu, dan jika kamu ada dana lebih, kamu bisa mendapatkan/membeli yang versi berbayar dengan segala fitur lengkap dan sudah dijamin pasti friendly dengan mesin pencari.

Sebenarnya kenapa saya sedikit menyinggung tentang SEO dan Mesin Pencari? Ini dikarenakan beberapa template sangat tidak ramah oleh mesin pencari, dan juga tidak cepat dalam diakses oleh server. Untuk postingan membahas ini, akan saya bahas dilain waktu, karena kita akan membahas inti dari postingan ini.

 

2.      Tulis Konten Kamu

 

Di blog, kita tidak menemukan produk. Yang artinya, produk dari blog kamu adalah artikel kamu sendiri. Lain halnya jika kamu membuat blog untuk menjual / berjualan suatu produk, itu akan lain lagi untuk dibahas. Jika anda ingin konten yang berkualitas, maka artikel yang kamu hasilkan adalah yang berkualitas juga.


Baca Juga: Ide bisnis jualan photo, Auto Cuan!


Tidak perlu memikirkan SEO-SEOan dalam awal pembuatan blog, seiring berjalannya waktu kamu akan mencari informasi SEO untuk membangun blog kamu menjadi lebih berkualitas. Jika kamu memiliki blog yang menarik, namun penyampaian informasi didalam tidak menarik, sama saja percuma bukan ? Hal ini perlu juga diingat bahwa Konten yang baik adalah konten yang tidak melakukan Plagiarisme / Plagiat. Harus unik dan menarik. Karena inti dari ngeblog itu adalah memberi penyampaian informasi berdasarkan riset / fakta yang telah di cerna sebelum dipublikasikan. Jadi, sebelum kamu menulis. Ada baiknya kamu harus memperhatikan detail detail berikut ini :

 

·         Penjelasan

 

Gunakan Bahasa yang mudah dimengerti. Tujuannya sama. Yakni agar pembaca konten kamu bisa lebih memahami isi dan point dari postingan yang telah kamu buat. Mengapa ? Pembaca konten kamu bisa saja berasal dari generasi yang berbeda (umur), dan disini yang saya maksudkan adalah, Bahasa yang menarik dan tidak bertele-tele.

 

·         Hindari Paragraf Panjang

 

Sebuah informasi yang menarik, harus dibarengi dengan penjelasan yang singkat padat dan jelas. Paragraf yang terlalu Panjang juga menyulitkan pembaca dalam memahami isi dan konteks apa yang ingin disampaikan. Sehingga pengunjung blog kamu bosan akan penjelasan yang terlalu tidak terkait dengan isi yang tidak relevan.

 

·         Tidak OOT (Out Of Topic)

 

Informasi menarik, adalah informasi yang sangat berguna bagi pembacanya bukan ? Bagaimana jika menurut kamu jika pembahasan teknologi ternyata isi informasinya adalah tentang informasi memasak. Sangat tidak “Nyambung” bukan? Ingat. Pembaca adalah raja yang secara unik datang ke blog kamu hanya untuk membaca informasi yang ia butuhkan. Jikalau konten kamu sedikit atau setidaknya terdapat informasi yang kurang terkait dengan pembahasan, apakah mereka akan tertarik? Tentu saja tidak. Jadi, OOT dalam konten adalah hal yang seharusnya tidak harus kamu lakukan agar pembaca kamu bisa betah dalam memahami isi dari konten yang kamu buat.

 

·         Batasan

 

Jika kamu membahas tentang teknologi Handphone / Gadget, maka kamu harus membatasi topik yang spesifik dan relevan dengan yang akan kamu bahas. Jangan terlalu memanjang hingga membuat suatu pembahasan baru yang tidak ada kaitannya sama sekali.

Dengan mengevaluasi tata cara penulisan kamu seperti hal yang diatas tadi, kamu sudah 1 langkah menjadi seorang blogger yang professional. Bukan hanya tentang blogger, tapi kamu juga sudah meningkatkan skill kamu dalam menulis sebuah artikel yang baik dan berkualitas.

 

3.      Waktu

 

Sebenarnya apakah ada waktu dan jam terbaik buat blog supaya lebih efektif dan lebih Fresh ? Kalau menurut saya sendiri, manajemen waktu terbaik adalah dari diri sendiri. Jikalau kamu mempunyai sebuah pemikiran untuk dibagi, lebih baik buat gagasan baru / ide dan ditulis di secarik kertas agar tidak lupa dengan ide – ide yang baru saja kamu temukan. Apakah ini sebuah keharusan agar blogger bisa lebih maksimal dalam waktu produktifnya ? Jawabannya adalah “Iya”.

Banyak blogger yang berhasil karena bisa memanage waktu dengan baik. Mereka hanya menuangkan ide yang keluar dari kepala, dan menuliskannya sementara di beberapa buku notes atau yang lain. Banyak inspirasi keluar, bukan hanya saat pada bekerja, ataupun saat sedang santai. Tapi bisa keluar kapan saja dan dimana saja. Namun kamu harus bisa meluangkan waktu di waktu tertentu tanpa harus menggangu produktifitas kamu. Jika kamu adalah blogger pemula yang banyak ide ide inspirasi, kamu bisa mencoba beberapa hal ini untuk bisa memaksimalkan manajemen waktu kamu :

 

·         Catat Konten / Ide

 

Kamu bisa mencatat ide ide yang keluar disaat banyak kegiatan. Tidak masalah, kamu hanya perlu waktu yang tepat untuk membuat dan mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah konten yang bermanfaat.

 

·         Posting Artikel

 

Bagi seorang pemula, membuat sebuah postingan artikel di blog itu harus di manage / diatur agar bisa efektif. Dengan menentukan tujuan membuat artikel perminggunya, kamu bisa memaksimalkan waktu kamu dalam mengembangkan ide, dan juga menulis artikel yang berkualitas. Tetapi jika kamu seorang yang baru saja terjun sebagai blogger, lebih baik 1 sampai 2 artikel perminggu saja sudah cukup

.

 

·         Waktu Produktif

 

Jika bergantung pada waktu produktif, sebenarnya ini tergantung dari pribadi masing – masing. Karena banyak blogger juga meluangkan waktu untuk membuat sebuah konten itu pada saat waktu produktif mereka masing masing. Bisa saja pagi hari agar pikiran lebih segar dalam menerima ide ide baru, atau pada saat malam hari disaat pikiran sedang rileks dalam mencari sebuah ide.

 

·         Draft Konten

 

Jikalau kamu adalah seorang yang sedang bekerja, maka kamu bisa melakukan pekerjaan menulis diwaktu yang bersamaan. Mengapa, karena ide bisa saja muncul saat sedang bekerja, dan jangan lupa untuk membuat sebuah draft untuk berjaga jaga kalau kamu lupa akan ide yang baru saja muncul dikepala.

 

Apabila kamu sudah menjalankan tahap yang ke 3 ini dengan baik, kamu sudah bisa melangkah ke blogger yang professional.

 

4.      Belajar Hal Hal Baru

 

Membuat blog, juga berarti membuat dan mempelajari hala hal yang baru yang belum pernah kamu kenal sebelumnya. Karena blog bukan hanya tentang isi, tapi bagaimana juga mendatangkan pengunjung dan memberikan informasi baru bagi pengunjung nantinya.

Bagi seorang blogger, membuat konten menarik, unik, dan juga Timeless (Tidak tergerus waktu) adalah salah satu impian dari semua penulis. Bukan hanya tentang artikel saja, tetapi artikel yang memuat informasi menarik dan bermanfaat tentunya. Seorang blogger juga harus bisa bereksperimen dan terus membaca buku, sumber-sumber, dan juga terus mengupdate diri dengan informasi yang baru agar bisa membagikannya dengan pembaca lainnya. Adapun seorang blogger, setidaknya harus bisa menguasai beberapa hal ini :

 

·         Coding

 

Didunia blog, kamu bukan hanya belajar mengenai cara membuat artikel. Tetapi kamu juga harus bisa mengimbangi skill tersebut dengan coding, agar bisa mengkostumisasi blog kamu sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain.


·         SEO

 

Seperti yang saya jelaskan diatas, SEO juga gak kalah pentingnya dalam dunia blogging untuk kamu pelajari. Ilmu seo setiap bulan atau beberapa bulan sekali selalu berubah mengikuti algoritma google yang menuntut perubahan cepat. Tujuan SEO sebenarnya adalah membuat artikel pencarian yang terkait, tetap terindeks dan tetap masuk pencarian utama oleh orang orang yang mencari informasi lewa system pencarian google.

 

·         Membangun Relasi Sesama Blogger

 

Koneksi yang baik, juga menghantarkan seorang blogger bisa menjadi sukses. Apa kiatnya? Seperti BlogWalking atau sering sering berkunjung dan berbagi informasi di beberapa platform sharing seperti Quora, Forum Facebook, dll.

 

5.      Komunikasi dengan Audiens

 

Blogger professional juga tidak luput memperhatikan betapa pentingnya komunikasi dengan audiens. Audiens seperti apa ? Misalkan meninggalkan komentar atas informasi bacaan yang menarik dan juga berkomunikasi dengan akun social mereka. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membangun komunikasi dengan audiens :

 

·         Balas Komentar Semua Audiens, dan Jangan Lupa untuk Filter

 

Me-filter disini maksudnya adalah menyaring komentar “Jelek” dan juga komentar negatif dan Beberapa audiens akan memberikan link aktif di kolom komentar. Maka kamu harus filter komentar yang tidak relevan atau yang bersifat membuat blog kamu “Jelek di Mata Google”.

 

·         Balas dengan Bahasa Sederhana dan Komentar yang Secukupnya

 

Jika ada pertanyaan yang muncul di kolom komentar, segeralah balas dan langsung to the point. Tidak perlu Panjang lebar (Kecuali minta penjelasan yang menyeluruh), dan gunakan Bahasa yang sederhana agar tidak membinggungkan pembaca dalam mengartikan setiap kata kata. Hal ini juga membuat pembaca lebih memahami balasan atau jawaban kamu lebih jelas.

 

6.      Membangun Koneksi

 

Membuat konten juga membutuhkan koneksi. Seperti informasi dari berbagai sumber lainnya yang kamu baca dan mengembagkan ide dari sumber tersebut menjadi bacaan yang menarik buat blog kamu nantinya. Dengan cara tersebut, bukankah itu menjadi strategi yang lumaya efektif dalam membangun sebuah blog ? Ya. Itu adalah strategi bagus untuk membangun sebuah blog. Sama halnya dengan BlogWalking dan juga berkomunikasi dengan blogger lain. Tapi yang saya maksud disini adalah bergabung dengan komunitas blogger yang lain, seperti di forum forum blogger, atau Blogger Indo, ataupun Blog Blog yang Lain yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan konten dan berupaya untuk mencari visitor unik.

 

7.      Kreatif

 

Seorang blogger dituntut untuk menyajikan informasi menarik yang tidak bisa ditemukan oleh pembaca lain di situs manapun, dan itulah yang membuat seorang blogger terlihat unik dan juga terlihat baik di mesin pencarian. Kenapa? Karena artikel yang dibuat, tidaklah menyaring informasi di tempat lain dan menjiplaknya ke artikel yang ia buat sendiri (plagiat). Dengan adanya kreatifitas, seorang blogger mampu memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca yang berkunjung ke blognya.

 

8.      Konsisten

 

Ya, Konsisten. Ketika kamu menjalankan sesuatu yang baru dan berfokus untuk itu, kamu harus juga konsisten dan tetap berjalan yang sudah kamu tentukan. Mengapa? Karena untuk menjadi seorang blogger yang sukses itu membutuhkan waktu atau tidak sebentar. Bagi blogger, tidaklah mudah (bahkan saya sendiri) sedikit frustasi karena harus mencari pengunjung unik dan juga harus bersabar dalam berproses agar blog saya menjadi besar. Beberapa kiat kecil seperti Menargetkan Postingan Perminggu, atau Menciptakan Kebiasaan Menulis juga harus diperhatikan agar bisa lebih terbiasa nantinya. Karena dari terbiasa, maka akan jadi biasa. Dengan upaya seperti inilah, seseorang bisa menjadi seorang blogger yang berhasil.

 

Kesimpulan

 

Tidak ada jalan pintas menuju ke roma, dan roma juga tidak dibangun dalam waktu 1 hari. Semua itu memerlukan waktu. Postingan ini akan saya update, seiring berjalannya waktu dan juga akan saya tambahkan beberapa hal lain lagi. Jika anda senang dengan kegiatan menulis, profesi ini sangat cocok buat anda sebagai content writer atau menjadi SEO Content Writer dan dibayar mahal oleh orang lain. Membuat blog bukan hanya sekedar untuk iseng, tapi bisa menjadi wadah dalam mencari ilmu, mengasah skill, dan menghasilkan uang. Karena sebaik baiknya ilmu, adalah ilmu yang berguna bagi orang lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url