Cara aman untuk Berinvestasi bagi Pemula? rekomendasi terbaik untuk memulai berinvestasi

 

Image Source - Money Stocks

Editor dan Content Writer -  Boy Daniel.

DIARYMASBOY - MEDAN. Sebelum ke inti pembahasan, apa sih sebenarnya investasi itu ? Apakah semacam money game ? Atau pembelian asset dengan jangka waktu tertentu? Atau kamu ingin mempunyai asset holdings yang bisa cuan selama bertahun tahun ? Nah, disini saya akan membahas bagaimana cara aman untuk berinvestasi bagi pemula dengan menggunakan aplikasi bibit.id.

Apa itu Investasi ?

Sebelum memasuki arti investasi itu apa, saya ingin bertanya kepada kamu. Apakah sekarang kamu memiliki tabungan ? Jika kamu memiliki tabungan, bagaimana cara kamu untuk membuat tabungan kamu bertambah banyak ? Dengan cara berjualan ? Oke. Dengan Bekerja? Oke.. Dll. Banyak cara untuk membuat tabungan kamu bertambah setiap bulan nya dengan menabung. Namun, pernahkah terpikir untuk membuat uang kamu bertambah banyak dengan menabung ? Let me get this straight... Biar saya luruskan ini.

Simpel nya begini. Kalau kamu menabung dengan gaji 3 Juta per bulan, berapa yang harus kamu tabung untuk bisa mencapai tujuan kamu ? Mari saya asumsikan kamu bisa menabung sebanyak 1jt/Bln. Nah, ketika kamu dapat gajian di bulan berikut nya kamu tabung kembali sebanyak 1 juta perbulan, begitu seterusnya sampai akhirnya 1 tahun berjalan. Jika di hitung secara nett, total tabungan kamu seharusnya bisa terkumpul 12 juta dalam 1 tahun. Namun, kenapa bisa jadi Rp. 11.955.000 ? Apakah uang kamu bertambah ? Tidak !

Sistem pendanaan di bank itu bersifat Deposito dan selalu ada potongan perbulan selama kamu mempunyai nilai di tabungan tersebut. Bagaimana kamu bisa menumbuhkan uang kamu jika di deposito uang kamu terus berkurang sementara seharusnya uang kamu 12jt saat ini ? Dengan berinvestasi, kamu dapat membuat tabungan kamu semakin bertambah. Investasi itu artinya kamu menjadi seorang investor, yang artinya kamu menanamkan sejumlah uang pada beberapa instrumen saham, dan mendapatkan keuntungan dari bunga yang didapatkan. Disini saya akan membuat contoh sembari saya menjelaskan definisi investasi secara ringan dan tidak membuat binggung.
Anggap kamu sekarang mempunyai uang 12 juta di tabungan kamu, 11 Juta kamu investasikan ke obligasi, kamu akan mendapatkan keuntungan perbulan paling tidak sedikitnya 5% - 6% perbulan secara flat dari investasi kamu. Jika kamu mendapatkan keuntungan perbulan dari obligasi sebanyak 6,2%, maka secara tidak langsung kamu menumbuhkan tabungan kamu sebanyak Rp.682.000 per bulan. Keuntungan yang cukup lumayan jika hanya ditabung di deposito, benar bukan ?
Tapi, banyak dari mereka yang tidak ingin ikut berinvestasi karena takut akan modal yang tidak cukup, dan beberapa stigma lain yang membuat paranoid untuk melakukan investasi. Dari beberapa stigma yang membuat mereka tidak ingin berinvestasi, mereka juga terpengaruh investasi abal abal seperti binary option.
Banyak sekali sistem investasi yang menggiurkan, namun ada yang tidak sesuai dengan ketentuan, seperti Binary Option. Itu bukanlah investasi, melainkan Money Game / Gambling. Tapi, saya tidak akan membahas itu. Sayangnya, banyak dari mereka yang tergiur dengan keuntungan tidak seberapa dalam waktu yang singkat. Memang, banyak sekali sistem sistem investasi yang mungkin menjerat korban nya, seperti "Titip Dana Investasi, Uang Ghoib, ataupun Joki Trading". 
Dengan banyaknya media informasi yang beredar tentang sistem investasi seperti itu, seharusnya kamu sudah memahami dan mengerti bahwa resiko yang di dapat tidak sepadan dengan reward yang kamu terima nantinya. Tapi, kamu tidak perlu khawatir kok. Kamu juga bisa berinvestasi dengan modal minim tanpa terganggu arus keuangan kamu nantinya.

  Kenapa harus mulai berinvestasi ?

Tidak sedikit orang yang bertanya seperti itu. Bagaimana dan kenapa harus mulai berinvestasi ?
Dari survey saat ini, sekitar 60% lebih generasi milenial maupun generasi z yang belum mengetahui ataupun memahami apa arti investasi yang sebenarnya. Mungkin sebagian orang sudah pernah terjebak karena investasi bodong, atau investasi yang bersifat gambling seperti Binary Option, tetapi mereka tidak tahu bagaimana sistem investasi itu yang sebenarnya. Dengan berinvestasi dan menabung rutin ke dana investasi kamu tiap bulan, kamu bukan hanya menabung saja, tapi kamu sudah menyelamatkan asset dan membangun masa depan kamu. Pertanyaan nya, Apakah orang tua bisa ikut andil dalam berinvestasi ini ? Jawaban nya adalah Iya. Kenapa ? investasi ini tidak mengenal usia. Selama ia masih menghasilkan, dan mempunyai pendapatan selain bekerja, anda pun bisa berinvestasi dengan mudah dan mengenali resiko nya.

Kenali Resiko Investasi sebelum memulai.

Ketika kamu ingin memulai sebuah investasi, maka kamu akan dihadapkan beberapa pilihan. Semisal, kamu ingin menabung untuk apa ? Apakah untuk jangka waktu 1 Tahun ? 3 Tahun ? 5 Tahun ? Atau sampai 15 Tahun ? Kamu ingin membangun asset yang seperti apa, dan se-konsisten apa kamu menabung dengan investasi itu? Nah, di dunia investasi kamu harus mengenal 3 resiko dengan berinvestasi.

1. Resiko Rendah (Low Risk, Low Return)

Biasanya Resiko rendah ini cocok untuk investor pemula yang tidak mengharapkan hasil imbal yang tinggi untuk berinvestasi dan mempunyai resiko investasi yang sangat rendah. Hasil imbal yang rendah tersebut biasanya mengacu pada sukuk bunga pada deposito ataupun setara sukuk bunga deposito per tahun. Resiko rendah ini biasanya digunakan untuk investor RDPU atau Reksadana Pasar Uang. Dengan berinvestasi di RDPU, nilai asset kamu bukan hanya aman, namun tetap tumbuh nilainya setara sukuk bunga deposito per tahun. Kalau kamu berinvestasi di Pasar Uang, kamu akan diarahkan ke beberapa instrumen pasar uang dalam pemerintahan. Seperti : Sucorinvest Money Market Fund yang didalam nya terdapat beberapa top holdings, seperti Bank Victoria, Bank Rakyat Indonesia Agroniaga, BNI Persero, dll. Jika kamu berinvestasi dengan resiko rendah/konservatif seperti ini, kamu tidak perlu takut akan kehilangan modal kamu. ingat, investasi bagi pemula yang masih awam tentang dunia ini, disarankan baca sampai habis mengenai profil resiko dalam berinvestasi. Namun kalau kamu adalah karakter yang tidak ingin rugi dalam berinvestasi dan ingin investasi jangka pendek, maka profil resiko ini sangat cocok sekali dengan kamu. tetapi bagi kamu yang tidak tahu apa itu deposito, kamu bisa pergi ke link berikut : Pengertian Deposito

2. Resiko Moderat (Obligasi)

Sebagian investor ingin mendapatkan imbal hasil yang tinggi dengan resiko yang rendah. biasanya tipe investor seperti ini biasa mengincar keuntungan yang tinggi dengan memadukan beberapa instrumen dalam saham, tetapi ini bukan investasi di saham, namun ini disebut dengan obligasi. Obligasi disebut juga dengan surat berharga antara investor dengan perusahaan emiten yang bsersangkutan. namun, penerbit obligasi wajib membayarkan sukuk bunga kepada investor secara rutin maupun pinjaman saat jatuh tempo. Jika kita membahas tentang apa itu obligasi, Kamu bisa melihat di link berikut apa itu Obligasi
Low risk high return, sebenarnya hampir di kategorikan seperti itu menurut saya. karena, sistem investasi dengan profil resiko moderat seperti ini tidak terlalu mementingkan cuan cuan yang terlalu berlebih. mereka lebih mengandalkan pembelajaran, analisa, maupun lebih kearah safe, namun dengan cara menunggu. kamu yang terbiasa menabung dengan sistem resiko moderat ini adalah yang paling cocok untuk berinvestasi. ini dikarenakan sukuk bunga yang didapatkan tiap bulan atau cuan perbulan dengan obligasi adalah diatas sukuk bunga deposito. ini merupakan pilihan yang tepat untuk investor  pemula yang ingin membuat investasi dengan jangka menengah - panjang.
 

3. Resiko Tinggi (High Risk, High Return) 

High Risk, High Return. Sebenarnya tipe investor ini adalah tipe risk taker. Dimana ia lebih mementingkan cuan banyak, namun dengan resiko yang lebih tinggi. Contoh investasi yang cocok untuk ini seperti investasi saham, forex, CFD, Gold, mata uang digital / crypto, dan instrumen yang lain. Peluang kamu untuk mendapatkan profit besar dengan profil resiko ini sangatlah cepat. karena pergerakan harga yang sangat volatil atau bergerak cepat, dan juga bisa berubah ubah dalam jangka waktu pendek. namun kamu harus mengetahui resiko yang di dapat dari investasi seperti ini. Dalam waktu singkat dengan berdagang saham, kamu bisa mendapatkan cuan sampai 25 % dalam waktu singkat. Namun, kamu juga bisa kehabisan modal untuk melakukan perdagangan saham. Mereka yang cenderung melakukan investasi dengan profil resiko ini biasanya adalah para trader trader atau investor profesional. Mereka siap dengan apa yang di hadapi, namun juga mereka siap untuk mendapatkan keuntungan yang berlebih. 

Cara berinvestasi bagi pemula
Grafik Investasi

Nah, setelah kamu memahami apa yang harus kamu hadapi dalam berinvestasi, terus kamu ingin menumbuhkan uang kamu bukan hanya di rekening bank / deposito... apa yang harus ku lakukan ?
tenang, sekarang ada investasi namanya bibit.id. Kamu bukan hanya dipandu menggunakan aplikasi itu, kamu juga di pandu untuk perencanaan keuangan kamu selanjutnya. Apakah kamu bertujuan untuk menabung dalam jangka panjang sebagai Long Term Investor, atau kamu mempersiapkan dana / asset tertentu untuk membeli sebuah rumah ? Atau kamu berencana untuk membuat dana pensiun ? Semuanya akan dipandu menggunakan aplikasi bibit.id
Bang, bagaimana cara investasi pakai apikasi bibit.id ?
Kalau kamu menggunakan aplikasi dari playstore, silahkan ikuti link berikut ini : DAFTAR BIBIT.ID
Lalu, ikuti langkah langkah registrasi nya.

Cara Berinvestasi bagi Pemula
Registrasi Data Kamu

Setelah kamu mendaftar, kamu akan dihadapkan step by step berikut
  1. Registrasi
  2. Buat Tanggal Bulan Tahun Lahir Kamu
  3. Apakah Kamu Sudah menikah dan memiliki tanggungan ?
  4. Isi Pendapatan Kamu Per Bulan
  5. Isi Nilai Asset Kamu (Termasuk di rek.bank)
  6. Point Penting Registrasi, Apakah tujuan kamu dalam berinvestasi? Memaksimalkan Keuntungan, Meminimalisir Kerugian, atau Keduanya Sama Penting ?
  7. Pasar keuangan sering sekali fluktuatif, jika nilai investasi kamu turun sebanyak 15% dalam sebulan, apa yang akan kamu lakukan ? Ini pilihan tergantung kepada kamu. Kalau saya karena tipe investor Risk taker, saya cenderung memilih pilihan untuk "Beli Lagi".
Cara berinvestasi bagi pemula

Setelah itu, ikutin langkah - langkah registrasi nya dengan memasukkan No. HP kamu, dan Kode Referal "bonustopup25rb" untuk mendapatkan "Cashback" senilai Rp.25.000 dari Bibit.id untuk pembelian asset pertama kamu. 
Untuk investasi pertama, kamu bisa menabung dengan minimal nilai Rp.100.000 secara rutin. Baik per hari atau per minggu, atau perbulan, sesuai dengan tujuan Kamu berinvestasi atau menabung.

Cara Berinvestasi bagi Pemula
image source - Diary Mas Boy

Nah disini kamu akan mendapatkan notifikasi tentang profil resiko dari skala 1 s/d 10. Pilihlah secara bijak dengan cara "-" atau "+" di samping angka profil resiko. Semakin tinggi profil resiko, semakin tinggi juga resiko dan return yang diterima. namun jika kamu investor pemula, kamu bisa memilih angka dari 1 s/d 7 sebagai awal. ini akan membuat kamu tidak terlalu khawatir akan resiko yang kamu dapatkan jika sewaktu waktu nilai investasi kamu ternyata turun drastis.

Cara berinvestasi bagi pemula
image source - Diary Mas Boy

Setelah kamu mendapatkan profil resiko, maka kamu perlu memasukkan data diri kamu menggunakan aplikasi ini. Seperti foto wajah, selfie menggunakan ktp, dan menunjukkan KTP kamu. 
Cara berinvestasi bagi pemula
Image source - Diary Mas Boy

Data kamu aman kok. Karena aplikasi ini LEGAL dan Bersertifikasi dari OJK dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan dana kamu, karena aplikasi ini diawasi oleh pemerintahan. Kamu tidak perlu takut akan legalitas nya juga tentunya.

Oke, lanjut...

setelah selesai diverifikasi dan semua data kamu aman, kamu akan langsung dihadapkan dengan aplikasi awal di beranda bibit.id
Cara berinvestasi bagi pemula
image source - Diary Mas Boy

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan adalah Investasi Sekarang. Di bibit.id, dana kamu akan di kelola oleh manajer investasi dengan meletakkan investasi kamu di berbagai instrumen. Jadi, kamu tidak perlu memantau secara terus menerus perkembangan tren atau grafik instrumen investasi kamu seharian. Biarkan uang kamu tumbuh dan grop terus selama kamu melakukan Top up saldo untuk investasi kamu. 
Lalu, untuk memulai investasi nya, apa yang harus dilakukan ?

Cara aman untuk berinvestasi bagi pemula
image source - Diary Mas Boy

Dengan modal awal Rp.100.000, kamu sudah bisa berinvestasi dengan mudah dan tidak perlu khawatir. Disini saya membuat contoh untuk berinvestasi atau top-up dana sekitar Rp.500.000. Disini saya menggunakan Cashback dalam pembelian. Jika kamu mendaftar menggunakan kode referal yang saya berikan, maka kamu akan mendapatkan Cashback pembelian pertama kamu sebanyak Rp.25.000. 
Setelah kamu melakukan pembelian / top up saldo untuk investasi, selanjutnya investasi kamu akan dipecah menjadi beberapa bagian seperti ini.

Cara mudah dan Aman untuk berinvestasi bagi pemula
image source - Diary Mas Boy

Sangat mudah bukan ? Oke, Selanjutnya setelah kamu memilih investasi dari yang direkomendasikan, kamu akan melakukan pembayaran. Baik itu menggunakan aplikasi GoPay, Bank Jago, ataupun menggunakan Virtual Akun dari masing masing penyedia layanan bank.


Cara mudah dan Aman untuk berinvestasi bagi pemula
image source - Diary Mas Boy

Setelah semuanya selesai, uang yang kamu investasikan tidak langsung masuk ke akun kamu. Butuh waktu 2 - 3 hari untuk masuk ke akun rekening kamu. Jika kamu melakukan top up untuk pembelian asset dibawah jam 1 siang, maka proses pemesanan kamu akan diteruskan di hari itu juga, dan proses penerusan uang investasi kamu maksimal 2 sampai 3 hari dalam bursa kerja. Pertanyaan selanjutnya, Apakah selamanya bisa menguntungkan ? Tidak tentu. Jika profil resiko kamu adalah Agresif, maka kamu harus siap menerima segala resiko kemungkinan. Namun jika kamu adalah seorang investor untuk jangka panjang, saya rasa itu tidaklah sulit. Ketika harga saham mulai turun, itulah saatnya kau membeli atau memborong banyak asset. Dan ketika harga mulai naik dan bisa menyentuh Ratio 25% dari investasi kamu, Barulah mulai jual keuntungan yang kamu dapat. Ini adalah portofolio saya selama 2 bulan mengikuti investasi ini. Saya menggunakan profil resiko agresif, karena saya menabung untuk jangka panjang.

Cara aman untuk berinvestasi bagi pemula
Harga investasi sedang turun

Cara aman untuk berinvestasi bagi pemula
Harga pada saat investasi sedang naik

Keuntungan yang cukup lumayan bukan ? Daripada hanya sekedar menabung di rekening bank yang tidak kunjung bertambah, lebih baik menabung untuk masa depan. Bagi para orangtua, stop berpikir ini adalah sebuah investasi bodong. karena disini saya sudah melakukan riset mendalam, dan review tentang aplikasi ini. Dan selama saya menggunakan aplikasi ini, memang berbayar pada saat penarikan atau penjualan keuntungan asset. Pada saat penarikan, anda harus bersabar karena transfer akan masuk ke rekening anda dalam waktu maksimal 7 hari pada bursa kerja. Jadi, tidak perlu khawatir jika dana anda tidak masuk,. Selama anda menggunakan rekening pribadi, dan melakukan top-up menggunakan rekening pribadi, seharusnya tidak ada masalah dalam pencairan dana. 

Sekiranya, artikel mengenai Cara aman untuk berinvestasi bagi pemula sudah penuh saya bahas. Kenapa saya membahas tentang ini? Karena saya mau membuang stigma stigma tentang aplikasi aplikasi bohong atau bodong yang menjerat para pengguna nya untuk berinvestasi secara cepat. Bijaklah menggunakan aplikasi, dan selektiflah dalam memilah informasi. Tidak ada semuanya yang instant, apalagi dengan cara jasa titip dana untuk diolah di aplikasi forex, dsb. Selanjutnya akan saya bahas tentang profil profil penipuan atas nama investasi bodong yang merugikan masyarakat. Sampai jumpa di next artikel, dan jangan lupa follow instagram saya ataupun youtube saya agar saya bersemangat dalam membuat konten dan artikel yang berkualitas. Terimakasih, dan See you next time ~ 
Next Post Previous Post
1 Comments
  • andow
    andow 5 September 2021 pukul 07.12

    Keren mas, semangat terus,,
    Kunjungi blog saya juga mas
    MyTekiz.com

Add Comment
comment url