5 Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Saat ini, peran seorang ibu rumah tangga telah berkembang menjadi lebih dinamis daripada sebelumnya. Bukan lagi hanya sebagai penjaga rumah dan mengurusi pekerjaan, sekarang ini menjadi ibu rumah tangga juga bisa menjadi pilar penting dalam dunia bisnis. Terutama dalam menjalankan bisnis online. Dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan akses internet, ibu rumah tangga bahkan memiliki kesempatan untuk meraih kesuksesan melalui ide-ide bisnis yang menarik, innovatif yang bahkan bisa dikerjakan di rumah saja atau wfh (Work From Home).

ide-bisnis-online-untuk-ibu-rumah-tangga
ide bisnis online

selain itu dengan fleksibilitas waktu yang dipunya, tentunya menjalankan bisnis online ini sangat mudah untuk dijalankan. Terlebih lagi di zaman saat ini kebutuhan finansial sangat meningkat dan banyak wanita atau ibu ibu diluar sana yang ingin membantu perekonomian dalam rumah tangga. 

Dengan beragam kemudahan yang diberikan oleh teknologi saat ini, membangun sebuah kerajaan bisnis juga bukanlah hal yang mustahil. Terlebih lagi mengenai bisnis online yang bisa dijalankan hanya dirumah saja. Berikut ini kami akan rangkum beberapa ide ide bisnis online yang bisa dan cocok diterapkan oleh para ibu rumah tangga. 

Reseller

Yang pertama adalah menjadi reseller sebuah produk seperti pakaian, daster, sepatu, atau bahkan produk fashion yang saat ini digandrungi oleh ibu-ibu. 

5-ide-bisnis-online-untuk-ibu-rumah-tangga
Ilustrasi Reseller

Dari ide ini anda bisa menjalankan bisnis dengan sistem agen, yaitu mencari toko toko grosiran yang harganya lebih rendah dan menjual secara pribadi melalu seperti live TikTok dan mengagenkan produk yang telah anda beli lalu mengecerkan melalui orang lain.
Sebagai ibu rumah tangga, sudah seharusnya anda mempunyai teman, atau relasi yang sama sama ingin mencari penghasilan tambahan. Carilah target yang sama sama mempunyai hobi belanja atau fashion. Itu bisa dijadikan peluan bisnis anda dan mulai memasarkan produk dari awal tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Tetapi jika anda terkendala mengenai masalah modal diawal, anda harus baca tentang hal ini : Memulai Bisnis Tanpa Modal di 2023!
Anda juga bisa membaca tips tips dari internet bagaimana mengembangkan usaha anda melalui dari internet seperti melakukan live di beberapa e-comercee ataupun bergabung dengan reseller lainnya melalui jejaring sosial seperti Facebook atau mengikuti tutorial tutorial yang ada di Youtube agar usaha anda semakin berkembang dan tidak monoton.
Sekedar tips: Carilah target pasar yang sedikit peminat agar produk / brand kamu laku di pasaran. Jika anda memilih target yang besar, kemungkinan kecil produk anda kurang dilirik karena persaingan yang terlalu ketat. Sebelum memulai untuk menjadi reseller, risetlah produk apa yang ingin anda jual dan bagaimana keadaan market yang terjadi disana.

Menjadi Freelancer

5-ide-bisnis-online-untuk-ibu-rumah-tangga
Ilustrasi Freelance

Menjadi seorang Freelancer bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melihat peluang dibalik setiap masalah yang ada. Apakah anda suka menjadi seorang penulis? Cobalah menjadi seorang Content Writer! atau ingin menjadi Freelancer Jastip, cobalah melihat peluang disekitar mengenai jasa jasa penitipan untuk bisa memulai bisnis jastip ini. atau anda suka desain sesuatu ? Cobalah menjadi seorang desain grafis 
Seorang freelancer dituntut untuk memberikan sebuah kreatifitas tanpa batas. yang diperlukan hanyalah mengasah skill yang ada, atau jika anda belum bisa atau mahir dalam 1 bidang, cobalah belajar dan geluti bidang tersebut selama 1 hingga 3 bulan dengan sistem belajar penuh. Pasti anda akan mahir di bidang yang anda tuju.

Content Creator

Hal yang satu ini tidak usah terlalu dibahas ya. Karena sudah banyak cara cara untuk menjadi seorang konten kreator. Anda bisa baca disini: Bagaimana menjadi seorang Konten Kreator

5-ide-bisnis-online-untuk-ibu-rumah-tangga
ilustrasi konten kreator

Menjadi seorang pembuat konten bukanlah hal yang mudah. Selain anda dituntut untuk berkreasi dan menampilkan efek visual yang eyecatching serta menyampaikan informasi yang menarik beserta fakta yang ada, anda juga dituntut untuk selalu update terhadap informasi terbaru agar konten anda selalu bisa menarik audiens. Tapi jika anda tidak mempunyai skill atau hanya sekedar mencari cuan lewat dari konten, ya anda harus bersabar sedikit karena menghasilkan pundi pundi uang dari hasil membuat konten memang tidak bisa instan.

Bisnis Katering

Katering

Anda suka memasak dan memang hobi dalam bidang kulineran ? Cobalah untuk membuka bisnis katering atau makanan yang bisa di antar ke orang lain. Anda bisa memasarkannya lewat toko toko, atau membuka orderan di aplikasi ojol, ataupun memasarkannya di media sosial. Banyak para pekerja (Jika rumah anda dekat dengan komplek pergudangan atau tempat perusahaan), cobalah untuk menawarkannya kepada para pekerja ataupun datang ke kantor/perusahaan dimana tempat tinggal anda. Mulailah bernegosiasi bagaimana tentang menawarkan bisnis makanan anda / katering ke pada para pekerja disana. Jika tidak berhasil, lakukanlah pendekatan persuasif kepada pos satpam atau para pekerja disana jika ingin langsung mengetahui hasil dari negosiasi anda. Jika sudah berhasil, maka kumpulkanlah beberapa orang yang ingin memesan katering anda selama beberapa minggu atau 1 bulan dan kalkulasikan berapa yang harus anda keluarkan dan berapa yang harus anda terima jika membuka bisnis ini. 

Jika sudah berhasil, perluaslah wilayah katering anda dengan cara ekspansi atau ulangi hal yang sama namun sedikit lebih jauh dari tempat tinggal anda. Jika belum berhasil, lakukanlah pemasaran melalui sosial media facebook atau di instagram dengan melakukan beberapa caption dan photo yang menarik.

Menjadi seorang Affiliator/Affiliasi

5-ide-bisnis-online-untuk-ibu-rumah-tangga
Ilustrasi Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah model bisnis di mana seorang individu atau perusahaan (afiliasi) bekerja sama dengan produsen atau pemilik produk atau layanan (merchant) untuk mempromosikan produk atau layanan tersebut kepada calon konsumen. Ketika afiliasi berhasil membawa konsumen yang melakukan pembelian atau tindakan tertentu (misalnya mengisi formulir atau mendaftar), afiliasi akan mendapatkan komisi atau imbalan dari merchant sebagai imbalan atas upayanya dalam mengarahkan konsumen tersebut.
Prinsip dasar bisnis afiliasi adalah "penghargaan berbasis kinerja." Afiliasi dianggap sebagai mitra pemasaran yang membantu meningkatkan penjualan atau konversi bagi merchant tanpa harus mengeluarkan biaya promosi terlebih dahulu. Semakin banyak konsumen yang diarahkan oleh afiliasi dan melakukan tindakan yang diinginkan oleh merchant, semakin besar pula komisi atau imbalan yang akan diterima oleh afiliasi.
Bisnis afiliasi telah menjadi model pemasaran yang populer di era digital karena efektivitasnya dalam mencapai audiens yang lebih luas melalui berbagai kanal online seperti situs web, blog, media sosial, dan surel. Program afiliasi dapat dimiliki dan dikelola oleh merchant secara langsung atau melalui platform afiliasi khusus yang menghubungkan afiliasi dengan berbagai merchant dalam berbagai industri.
Bisnis afiliasi sebenarnya banyak, namun beberapa yang bisa kami rekomendasikan adalah 4 hal yang diatas jika anda ingin memulai bisnis yang simpel. 

Penutup

Nah itulah dia mengenai 5 Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga yang bisa anda kerjakan tentunya secara bebas dirumah. Beberapa hal seperti menjadi bisnis afiliasi memang terlihat agak sedikit berat, namun jika anda mencari mengenai bisnis afiliasi, akan dibahas di next post. 

Jika ada pertanyaan ataupun ada usaha yang menurut anda bisa dikerjakan secara online, boleh kok anda share di kolom komentar!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url