Tips dan Cara Menganalisa Teknikal Harga Pada Suatu Saham

 

cara-menganalisa-teknikal-saham

Cara menganalisa teknikal harga saham - Didalam praktiknya, strategi investasi terbagi dalam beberapa jenis. Ada yang menggunakan teknikal, maupun fundamental. Namun disini saya akan membagian bagaimana cara menganalisa suatu saham berdasarkan cara teknikalnya saja. Ini bisa diterapkan untuk para investor yang ingin menerapkan atau entry pada harga tertentu di suatu saham, apakah harga tersebut adalah baik untuk melakukan investasi, atau sebaliknya.

Tips menganalisa secara teknikal suatu harga saham

Pahami tren yang sedang berjalan

Bagi kalian yang baru terjun didunia investasi, memahami tren adalah suatu langkah yang sangat baik. mengapa demikian? ini dikarenakan kalian akan mengerti suatu pola yang berjalan disuatu saham. Apakah dia bergerak naik, atau cenderung bergerak turun secara mayor. Bisa kalian lihat dengan cara menggeser Pola waktu seperti perubahan harga menit, jam, maupun hari, bahkan bulan (jika kalian adalah investor jangka panjang). 

Seorang trader maupun investor, harus juga bisa menganalisa secara teknikal bagaimana tentang pola suatu saham. Bukan tidak dipungkiri bahwa mengikuti pola atau follow the trend adalah hal yang sangat safety dianjurkan ketika harga sebuah saham cenderung akan naik. Kalian bisa mengetahuinya dari berbagai cara. Dengan mengenali pola tren yang sedang terbentuk, kalian akan menemukan beberapa pola sama yang berulang yang terbentuk sebelum sebuah tren itu terjadi, dengan kata lain, pola pola candlestick atau pola pembentukan harga di waktu waktu sebelumnya adalah informasi yang akan terbentuk 

Dengan mengenali bentuk suatu tren, seorang trader atau investor akan bisa mengenali kapan harus buy / Beli, dan kapan harus sell / Jual atau exit di titik harga yang sudah mencapai titik tertinggi nya. Mengenali bentuk suatu tren juga cara ter-aman untuk melakukan pembelian di suatu harga saham dan lebih mengenal resiko yang akan ia terima nantinya.

Tips Trading dan Investing dengan Mengenal Indikator untuk Menganalisa Trend

Disini admin akan merangkum beberapa indikator pendukung yang pastinya membantu trader . investor dalam menentukan suatu keputusan Beli / Jual dalam suatu aset. Admin tidak akan membahas semua indikator tersebut, namun disini admin merangkum beberapa dari indikator itu untuk melakukan trading / investing di beberapa saham dan hasilnya cukup akurat secara teknikal, yaitu . . .

Moving Average

Indikator MA (Moving Average) merupakan indikator penting buat para trader dan investor untuk menemukan suatu pola harga saham, apakah nilai aset suatu saham tersebut sedang tren naik, atau melakukan tren turun. Dengan bantuan dari Moving Average ini, trader dan investor dapat dengan mudah mengidentifikasi saham tersebut. 

Dengan kata lain, jika MA bergerak turun kebawah dengan setiap penutupan candlestick / harga saham dibawah dari garis moving average, maka aset tersebut sedang mengalami kuat turun / downtrend, dan sebaliknya. Jika aset tersebut mempunyai penutupan candle diatas dari moving average, maka sebuah tren dipastikan sedang naik / uptrend.

Singkat kata dalam penggunaan indikator moving average ini adalah, jika MA diatas pergerakan harga maka itu adalah sebuah resisten / titik atas. Namun jika MA berada dibawah pergerakan harga, berarti aset tersebut sedang berada di titik support.

Jika patokan nya menggunakan indikator ini, maka kamu harus membuat 2 Rata - rata moving average. 

  1. Periode 9 untuk melihat tren singkat di timeframe 15 menit 
  2. Membuat rata rata pergerakan harga dengan periode 50 untuk swing trade. Biasanya periode ini digunakan untuk melihat grafik timeframe yang lebih besar. bisa jadi 2-4 jam, maupun dalam kurun waktu 1 hari.
  3. Membuat rata rata pergerakan harga dengan periode 200 untuk long term ataupun scalping dalam waktu mingguan ataupun bulanan.

Menggunakan garis imajiner / price action untuk menentukan Support dan Resisten 

Garis imajiner ini adalah suatu garis yang menghubungkan beberapa titik di suatu aset. Garis tersebut membentuk suatu pola yang bisa dikatakan itu adalah pola pembentuk suatu tren dimasa mendatang. Pola pola tersebut seperti Falling Wedge, Symmetrical, Bullish Penant, Diamond, Butterfly, Rising Wedges, dsb. Pola pola tersebut saling terhubung satu sama lain dalam membentuk tren yang akan terjadi dalam waktu dekat di sebuah chart / grafik. Dengan adanya price action ini sangat membantu sekali untuk trader /investor dalam melakukan investasi / perdagangan. Dengan adanya indikator MA ditambah lagi dengan Price action ini, trader pemula sekalipun akan memahami betapa mudahnya menganalisa suatu aset dengan bermodalkan strategi seperti ini.

Namun juga perlu diingat, bahwa menggunakan price action ini adalah teknik dan strategi yang mengandalkan sebuah konfirmasi harga. Konfirmasi tersebut akan memberitahu para trader / investor akan melakukan pembelian apa tidak, namun tidak dipungkiri price action juga sedikit susah untuk diterapkan bagi pemula. Sebab kalau kamu tidak memahami pola pola dasar dan konfirmasi sebuah harga, maka kamu tidak akan bisa melakukan trading dengan strategi ini. 

Penutup

Untuk lebih jelasnya, saya akan membuat cara analisa teknikal dalam beberapa part. Karena jika dibahas secara keseluruhan di artikel ini akan memakan waktu lebih panjang dan bosan untuk dibaca.
Jangan lupa baca artikel lain seperti tips dan langkah awal untuk memulai investasi, ataupun ciri ciri investasi bodong. Jangan lupa untuk membaca artikel lain di blog ini, agar pengetahuan kamu semakin bertambah mengenai dunia investasi. 
Terimakasih, dan tunggu part selanjutnya ~

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url